Buku adalah jendela dunia, sarana bagi anak – anak untuk terbang melihat tempat – tempat yang belum pernah mereka kunjungi. Buku adalah sumber  ilmu, melaluinya anak – anak bisa mempelajari apa saja yang menarik  rasa ingin tahu mereka. Buku adalah sumber  inspirasi, bahan bakar bagi anak – anak untuk mengejar cita – cita mereka. Namun, tak semua anak bisa memiliki buku terutama di pelosok – pelosok Provinsi Jambi.

Buku sebagai kebutuhan pokok usia sekolah jelas tidak bisa terpenuhi di daerah pelosok Provinsi Jambi. Bukan sebatas pada ketidaktersediaan buku saja, namun lebih dari itu adalah ketiadaan akses. Keterbatasan ini tidak boleh memupus harapan anak – anak di pelosok Provinsi Jambi sebagai masa depan bangsa Indonesia. Kondisi demikian tentu memprihatinkan dan tak bisa dibiarkan. Sebab, buku merupakan bacaan sangat penting untuk menunjang tumbuh kembang anak. Dengan membaca buku, anak akan memeroleh wawasan dan ilmu pengetahuan. Dengan membaca buku, karakter anak pun akan terbentuk dan kosakatanya bertambah. Salah satu caranya adalah mensirkulasikan buku – buku yang ada.

Inilah alasan yang mendasari komitmen MAPALA SIGINJAI UNJA ikut berkontribusi untuk menumbuhkan minat membaca di Provinsi Jambi khususnya daerah pelosok. Dengan harapan melalui gerakan Berbagi Buku, Berbagi Ilmu Bersama ini akan berkelanjutan seterusnya dan menginspirasi masyarakat luas untuk berbagi serta peduli pada anak – anak di daerah yang masih terkendala akses ketersediaan buku yang memadai. Gerakan kami pun bukan sesuatu yang baru dan masih tergolong baru di internal Mapala SIGINJAI Unja. Namun demikian, gerakan ini merupakan salah satu kewajiban bagi kami dalam mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Tri Dharma Perguruan Tinggi merupakan tiga pilar dasar pola pikir dan menjadi kewajiban bagi mahasiswa sebagai kaum intelektual di negara tercinta ini. Karena mahasiswa memiliki posisi penting sebagai pejuang terdepan dalam perubahan bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik. Organisasi mahasiswa pecinta alam tumbuh dan berkembang didalam naungan perguruan tinggi atau universitas juga tak luput mengimplementasikan Tri Dharma Perguruan Tinggi disetiap kegiatannya. Mapala merupakan mahasiswa, sebagai generasi muda bangsa yang mempunyai peran sebagai agsent of change bagi suatu bangsa. Keberadaannya di dalam kehidupan berbangsa dan bernegara berperan sangat penting dengan adanya penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, diantaranya yaitu pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat.

BERBAGI BUKU, BERBAGI ILMU BERSAMA adalah Program Berbagi Buku dan gerakan gemar membaca untuk meningkatkan minat baca masyarakat di pelosok Provinsi Jambi. Program ini mengajak masyarakat luas, mahasiswa, bahkan instansi pemerintahan untuk mendonasikan buku – buku baru atau sudah dibaca yang nantinya akan disumbangkan ke daerah pelosok.

BAGI ANDA YANG INGIN MENDONASIKAN BUKU DAPAT DISERAHKAN DI :

Base Camp Mapala SIGINJAI Unja, Jl. H. Manaf No. 54 Kampus UNJA Telanaipura – Kota Jambi 36122

Atau

Kost NAHLIA, didepan KAMPUS UIN STS Jambi, Ds. Simpang Sungai Duren

KONTAK :

Reza : 0823 8024 5542
Pristi : 0853 80915711

 

Oleh: Azri Gunedi (SGJ 191 SNY)


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!